Sugeng rawuh

Jerih payah dan pengalaman mengikuti seleksi CPNS 2018

cpns-ponogo-madiun-pacitan-ngawi-magetan
CPNS BKN

Jerih payah dan pengalaman mengikuti seleksi CPNS 2018

CPNS 2018


PEMERINTAH berencana merekrut 238.015 calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk sekitar 601 instansi. Hal itu juga mendorong saya untuk ikut melamar CPNS 2018 ini. Oke sebelumnya perkenalkan saya Fiki seorang karyawan Swasta Bidang Teknologi Informasi Spesifikasi pekerjaan sebagai Programmer di Kota Jogja aslinya Jawa Timur. 

Sebenarnya saya sudah bersyukur mendapatkan pekerjaan yang saat ini saya kerjakan ini. Sebagai pekerja swasta dengan tingkat pekerjaan yang tinggi dan sering bekerja dibawah tekanan cukup membuat stress di kepala. Belum lagi setiap pulang bekerja harus membuat laporan harian dan bulanan terkait progres kerja dan ide pengembangan yang akan saya lakukan. Belum juga menangani permasalah client yang statusnya berbeda-beda. Sedikit cerita itulah yang mendorong saya untuk ikut mendaftar CPNS 2018. Sebelum memutuskan untuk ikut mendaftar, sebelumnya saya juga sudah mencari-cari informasi terkait bagaimana cara kerja misal menjadi PNS/ASN dan berapa upah atau gaji PNS sesuai golongan dan pekerjaan yang saya inginkan. 

Setelah semua informasi saya kumpulkan bahkan tentang berita kalau tahun 2019 gaji PNS naik juga sudah saya baca. Setelah berpikir lumayan lama dan kepikiran terus tentang pekerjaan saya saat ini mau sampai kapan dan apakah jika usia sudah bertambah masih dapat bekerja sebagai programmer yang notabene terus berpikir, berkreatif, update ilmu tanpa henti, wes pokoknya belajar dan terus belajar. Disisi lain saya juga sudah mempunyai istri dan anak, waktu luang untuk keluarga pun terkadang hanya sebentar karena pekerjaan ini.

Kalau diceritakan lumayan panjang juga sih, langsung saja begini pengalaman saya kemarin mulai dari proses pendaftaran hingga mengikuti tes CPSN.

1. Persiapan sebelum pendaftaran

Jauh-jauh hari setelah informasi persaratan untuk daftar CPNS 2018 diumumkan langsung saya cetak dan saya coba lengkapi satu-persatu, namun tidak sekaligus satu hari semua selesai. ada 3 mingguan bahkan 1 bulan ada lah proses melengkapi data persyaratan baru terkumpul. 
  1. Melakukan proses Foto Background Merah dan kemeja putih.Saya belum memiliki foto terbaru untuk digunakan mendaftar CPNS, lalu saya ke studio Foto di Jogja tepatnya di Jalan kaliurang waktu itu. Saya foto dan besoknya saya ambil karena kalau langsung diambil harganya tambah mahal, oke saya ambil besok saja dan membayar Rp. 35.000 dapat 1 CD ROM, 3 Foto yang tercetak. oke selesai untuk foto
  2. Meminta surat akreditasi Kampus dan legalisirnya, juga legalisir foto copy ijazah dan transkip nilai. Selang 1 minggu setelah foto saya baru bisa ke Kampus untuk minta persaratan di atas tadi, saya diberikan foto copy surat akreditasi dan suruh foto copy saya lakukan itu jalan kaki lumayan jauh pokoknya lalu dikumpul di akademik dan disuruh mengambil maksimal besoknya atau lusanya. Setelah itu saya ambil dan dikenakan biaya Rp. 10.000 karena hanya sedikit yang saya legalisir (transkip nilai, ijazah, & surat akreditasi kampus/prodi). Walau bolak-balik ke kampus tapi ahirnya Selesai
  3. Scan Data Proses yang saya lakukan yaitu scan data, untuk dikantor ada printer + scan jadi ijin ke atasan dan dibolehkan monggo dipake saja mas. Yesslangsung scan KTP, Ijazah, Transkip nilai, Surat akreditasi. selesai

2. Proses Pendaftaran Awal

Sudah banyak informasi yang beredar di internet, sosmed dan di media cetak tentang cara dan alur proses pendaftaran CPNS 2018 ini. Saya pelajari, cermati dan semangat mendaftar cukup tinggi. Lalu saya membuka situs BKN dan ternyat aktif juga Admin BKN di sosmed dan saya ikuti Twitter BKN yang sering update informasi. Tidak sabar menunggu, saya terus buka Link informasi pendaftaran yang di Informasikan oleh BKN di Sosmednya [https://sscndaftar.bkn.go.id]. Mulai pagi, siang, sore, malam hingga tengah hari pun saya coba terus menerus, walau saat itu memanga proses pendaftaran belum dibuka hehe. karena saking semangatnya. setelah menunggu beberapa hari, kalau tidak salah satu mingguan lah ada. BKN resmi membuka proses pendaftaran untuk mencetak kartu pendaftaran. Disitu diumumkan akan dibuka pada jam 00:00 kalau tidak salah lo ya, lalu jam 03:00 pagi saya bela2in buka situsnya dan apa yang terjadi. dag dig dug.. zonk error, server down, tidak bisa sama sekali membuka situsnya. Untuk masalah koneksi saya sudah sangat cepat (sudah mengerti lah masalah2 seperti itu karena pekerjaan juga di bagian seperti ini juga). 

Tapi di benak pikiran saya ini kan acara negara pasti persiapan sudah sangat matang dan bagus lah pokoknya namun ya seperti kemarin itu pengalaman saya. Tapi wajarlah itu buatan manusia dan saya juga sudah banyak sekali membuat sistem yang juga mengalami error yang sama jadi sudah sangat biasa.

terus menunggu hingga 1 minggu kadang bisa kebuka kadang tidak, terus begitu. dan disitu BKN sudah ada informasi sudah ada 500 rb pendaftar sukses dan banyak yang upload di sosmed, wah saya makin deg2 kan juga ini kok belum bisa saya. terus saya lakukan dimana-mana. dan setelah ada info situs diperbaiki lagi ahirnya bisa membuka sscn.bkn itu. Alhamdulliah Ya Alloh saya bilang.

3. Login menggunakan KTP dan No KK/KTP kepala keluarga

Langsung dong saya coba login dengan semangatnya dan percaya diri bahwa situs bkn sudah siap digunakan, dengan koneksi internet yang saya gunakan stabil dan cepat banget. Saya masukkan semua data2 yang dibutuhkan tadi klik login dan..................
"Maaf nomor atau NIK tidak ditemukan /terdaftar". 
saya coba berkali-kali di komputer yang berbeda-beda, dan juga di HP. tepat sama. Langsung saya cari info di BKN ada juga yang sama ternyata. 
Itu artinya KTP saya belum Online. Saya coba mendaftar Kartu Perdana ke 4444 dan ternyata tidak bisa. Waduh ini......

saya besoknya pulang ke jatim dan jam 10 langsung ke DUKCAPIL lalu kebagian operator. Saya minta kejelasan kenapa belum aktif, padahal dulu pas bikin KK dan perubahan KTP saya juga ke operator ini dan ditempat yang sama. Saya tanya dan sedikit protes kenapa KTP sampai saat ini belum aktif pak, saya daftar 4444 tidak bisa, CPNS dan BPJS juga tidak bisa, saya bilang. lalu petugas submit ulang data saya ke pusat. dan disuruh menunggu 2-4 harian. Balik ke jogja dan tak tunggu sampai 1 minggu saya coba kembali dan zonk... belum bisa dan notif yang sama. saya makin frustasi dan tambah emosi ini. jauh2 pulang udah habis transport banyak masih sama saja, ini gimana sih, pusing.. saya cari informasi dan dapat no kemendagri dan WA-nya juga, saya coba telp, wa, kirim email tidak ada hasil. tidak ada jawaban. Saya telp ke DUKCAPIL tempat saya lagi saya protes lagi, dan suruh nyebuti no KTP, KK, Nama. suruh nunggu lagi besok. dan saya coba lagi tetap zonk tidak bisa. selang 3 hari saya telp lagi, dan dijawab sama petugas yang lain suruh nunggu besok, katanya proses update data dilakukan pada malam hari, oke pak saya bilang. Bsok nya saya iseng daftar ke 4444 dan SUKSES.!!! Alhamdullilah pasti ini bisa buat daftar sscn. 

Langsung buka situs di komputer dan input NIK, No KK dan SUKSES..!!! Rasa senang luar biasa hehe, capek dan biaya transport kurang lebih 300san ribu karena bolak-balik, BBM pp(100 rb) pakai motor x 2 kali + makan dll. Perjuangan untuk mengatifkan KTP butuh waktu yang luamaaaaaaa, dan harus nekat sering telp. Gak tau itu siapa yang salah apa sistem, apa orangnya, apa dari pusatnya saking banyaknya yang onlinekan KTPnya juga. 
Proses saya lakukan unggah foto dan yang lainnya dan sukses cetak Kartu Pendaftaran yeeeeeeeeee.. 

4. Mencari informasi lowongan pekerjaan yang cocok, pas sesuai pendidikan dan kemungkinan pendaftarnya sedikit.

Terus dan terus mencari informasi loker yang cocok dan masih di area jawa, tak persempit area jateng, DIY, jatim. Terus update menemukan instansi yang cocok lalu buka web instansi tsb dan banyak yang tidak memenuhi karena IPK lah, sarat2 lah banyak pokoknya, persempit lagi ke JATIM, cocok sesuai alama KTP saya, dan terus terus mencari sampai pusing dimata dan membutuhkan waktu yang lumayan lama karena situs yang sedikit lama juga. Pencocokan persarata setiap instansi, dan ahirnya sudah cocok di Pemkab Ponorogo di instansi Perumahan dan pemukiman. oke. fix disitu
dan download surat lamaran kasih materai dan scan lagi. selesai tahap ini.
kesimpulan 
 - fix instansi di ponorogo
 - scan lamaran siap

5. Proses pendaftaran tahap ke dua

Login lagi dengan username dan password yang dibuat pas proses pendaftaran awal tadi langsung ke progress selanjutnya untuk melengkapi data-data yang harus dilengkapi di website sscn.bkn. Saya lengkapi semuanya sampai finish dengan cermat dan sangat benar2 teliti, sampai 3 harian baru saya klik finish. dan tercetaklah kartu pendaftaran CPNS. Horeeee
tinggal menunggu pengumuman proses selanjutnya

6. Proses Seleksi Berkas

Tidak sabar menunggu terus buka situs terus refresh terus update dan belum muncul2 informasi, lalu buka info di situs pemkab ponorogo diumumkan pada tanggal 25 oktober. Okeh santai dulu kalau begitu sekarang masih tanggal 21 oktober waktu itu. Sembari cari info contoh soal CPNS 2018, gabung groub FB, WA, download materi CPNS banyak, Aplikasi EXE yang dibuat dari Flash juga. Install aplikasi Android CPNS 2018. Pokoknya sumber apapun terkait simulasi cpns tak coba semua. Hanya membaca saja yang saya lakukan dan sedikit menghafal UUD, dan coba2 lihat proses pengerjaan soal di Youtube dan mencobanya. Karena belum ada pengumuman nanti belajarnya luar biasa eh takutnya administrasi tidak lolos. Takut Sakit bos. heheh,

7. Pengumuman administrasi CPNS 2018

Hari itu tanggal 25 jam 01:00 tengah malam langsung login untuk lihat informasi, Makin kenceng aja ini jantung berdetak, klik login, ealahh malah error situsnya tidur lagi. Jam 05:00 coba lagi, 08-12 siang coba lagi dan tidak bisa.. hmmm
coba besoknya lagi login dan yes Bisa. Namun belum ada informasi pengumuman hadeh. oke Tak tunggu lagi besoknya sudah ada penumuman bawah saya lolos seleksi berkas. Alhamdulillah senangggg....
langsung semangat belajar.

8. Menunggu lokasi dan jadwal Tes CPNS 2018

Informasi yang ada awalnya hanya jadwalnya saja yang muncul, itupun harus menunggu 2 -3 hari kalo gak salah kemarin baru update jadwalnya, dan update terus di situs ponorogo dan tidak lama lokasi di update juga.
dan ......
lokasi tesnya di MADIUN walah adohe reekkk.. tepatnya di wisma haji Kota madiun. langsung mikir naik kereta apa motor saja ya dari jogja. Tak putuskan bawa motor saja. oke fix selesai proses menunggu ini. 
saya terukan belajar walau di sela-sela pekerjaan yang luar biasa banyaknnya. sampe harus bekerja larut malam jam 12 pun masih kerja karena saya frelance juga. yah namanya programmer pasti sudah mengalamin lah. 
waktu kurang beberapa hari dan samakin deg2an saja ini. dan saya lupa kalau belum punya baju, sepatu, celana untuk tes. Modiarrrrrr

9. Membeli Celana hitam panjang, Kemeja Putih dan Sepatu

Sampai detik ini biaya-biaya yang saya keluarkan sudah sangat banyak sekali, selai biaya untuk mengurus CPNS ini dan biaya2 lain yang saya butuhkan, namanya anak kos, belum ngasih anak istri, listrik, pulsa internet, bbm, makan, dll.. pokoknya sudah habis banyak dan tabungan mulai menipis dan sangat menipis.

Sisa tabungan tak belikan perlengkapan diatas tadi. Oke langsung cabut ke Malioboro cari disana kan banyak Mall jadi bisa cari2 yang lebih murah dan pindah2. Mulai dari Ramaya, Ramai mall, Maliobor mall, toko kecil di sebelahnya juga, dan ahirnya ketemu yang cocok dan pas kualitas bagus dan pas di Matahari mall. oke. saya beli celana dan kemeja total harga Rp. 390.000 dan dapat diskon jadi Rp. 290.000 yes.. namun celananya kepanjangan potong lagi ke tukang jahit biaya Rp. 20.000,
nah permasalahannya tabungan makin habis ini, sepatu Fantofel belum punya. Lihat harga edan mahal2 ini, cari yang paling murah itu sekitar Rp. 190.000 an. 

Hmm mikir panjang ini, soalnya transport jogja madiun juga kan. Oke kepikiran cari di OLX yap nemu sepatu keren, ber merk, punya mahasiswa yang baru lulus kemarin, dan hanya digunakan untuk sidang skripsi dan yudisium. langsung tawar COD di jl. gejayan Yogyakarta. Sip deal Sepatu yang aslinya Rp. 350.000 jadi Rp. 75.000 Alhamdullillah...
Lengkap sudah perlengkapan ini.

10. Persiapan sebelum ke Madiun untuk Tes CPNS

Waktu tes kurang 2 hari lagi, tiba-tiba baru kepikiran LAH nanti disana saya nginep dimana masak mau PP kan gak mungkin banget, jadwalnya saja saya sesi 1 jam 7 harus sudah di lokasi. Mati ini...
Pengalaman di jogja yang sering nyari kos, langsung saja nyari grup fb info kos madiun dan gabung acc langsung nyari, dan dapat tawar cocok deal. Alhamdullillah.. Kalo hotel standartnya Rp. 300.000 yang uange menipis pol bos... padahal di waktu yang sama ini saya baru pindah kos dan baru dp Rp. 300.00 yang totalnya perbulan Rp. 600.000 jasa angkut Rp.110.000 waduh itu di pikiran kepala saya. bahkan materi CPNS yang tak pelajari sudah lupa semua memikirnya hal ini. hehe
Setelah deal dapat kos harga murah banget walau minim fasilias tidak apa-apa Rp. 50.000 perhari. dekat alun-alun kota madiun. dan finish persiapannya

11. OTW ke Madiun hari H-1

Video perjalanan ke Madiun di Tawangmangu

Karena waktu tes hari selasa dan hari ini hari senin yang saya juga masuk kerja, ahirnya saya memutuhkan untuk ijin setengah hari kerja, dan hari selasa ijin untuk tidak masuk. jam 12 persiapan cek barang , dan jam setengah 2 jalan ke Jogja-Madiun lewat Klaten-sukoharjo-Karanganyar-Tawangmangu-Sarangan-magetan-madiun. 5-6 jam sudah perjalan ini. Kayak gak kuat rasanya badan ini, karena malamnya habis lembur kerja juga. Ya Allah.. betapa indah perjuangan ini. Ndelalah sampai di Cemoro kandang jam 5. Sepi pol dan rasa takut muncul, hii.. karena habis ada kecelakan si Cantik Rindu itu lho.. tangan kaku karena saking dinginnya sampe susah mau narik tuas kopling. Sampai sarang kehujanan walau tidak deras. dan sampailah ke madiun jam 6 kalo gak jam 7.

Menunggu ibu kos di warung makan

Nunggu yang punya kos, njagong kenalan dan ahirnya bisa tidur di kos Madiun itu. Selang beberapa menit ibu kos datang juga ahirnya dan mengajaknya untuk melihat kosnya.

Kos harian madiun murah
Yap, ini dia kos harian yang tak booking

Kos harian madiun
Kos harian madiun - tampak dari dalam kamar hehe


Malam hari jam 8 jalan-jalan nyari Pecel madiun, Cemilan, Sabun mandi dan peralatan lainya untuk kebutuhan disana. Bablas ke wisma haji untuk melihat lokasi dan keadaan, tanya2 sama tukang parkir dan pulang ke kos lagi.


pecel madiun 2019pecel madiun 2019pecel madiun 2019

Kuliner pecel madiun

waktu menunjukkan jam 10:00 awak rasane koyo ajur saking capeknya. buka laptop untuk belajar tujuanya. 15 menit sudah saya dapat telp dari frelance saya untuk merubah sistem dan harus saat itu selesai. Dalam hati Ya Allah apakah ini ujianmu. Dengan penuh kesal, capek, kayak mau pingsan rasanya karen setengah ngantuk, badang kayak separi hidup separu tidur.
dan di Kos Madiun itu saya bekerja samap jam 12:50. Tak putuskan untuk tidur bikin alarm sekencang-kencangnya supaya tidak telat besok.
dan jam 04:00 sehabis sholat subuh langsung belajar sebisanya. dan waktu menunjukan jam 06:10 langsung bergegas mandi, dandan, sampai seleai jam 06:30 cabut keluar cari sarapan (adanya hanya pecel yang banyak bukan) waduh muter2 terus sampe depan stasiun madiun dapat rawon dan sarapan rawon + teh panas disana. dan selesai langsung otw ke Wisma Haji kota Madium jam 07:10. Sangu kesana Rp. 400.000 kepotong kos Rp. 50.000 BBM Rp. 50.000 makan dan jajan Rp. 50.000 sisa Rp. 250.000. kepong lagi sarapan dan BBM Rp. 35.000 sisa Rp. 215.000 uang yang ada didompet sekarang

Warung di Deket Stasiun Madiun

Dan ini Rawonnya

12. Pembekalan sebelum tes CPNS oleh panitia 

Sampai di Wisma haji kota Madiun, semua peserta sesi satu dikumpulkan dan diberi arahan agar tidak membawa barang bersifat logam, sabuk, anting logam, hape, dan yang lainya untuk barang bawaan tas dan yang lain di titipkan sudah disediakan di sana. Kita disuruh melihat nomor antrian atau absen di papan pengumuman dan dicatan di pojok kanan atas kartu ujian
sembari menunggu kita kenalan sama teman baru yang lumayan banyak dan cukup akrab. Bahkan tidak menyangkan bertemu dengan tetangga di Jatim. 

Papan pengumuman peserta tes CPNS 2018
Papan pengumuman peserta tes CPNS 2018

13. Persiapan sebelum tes

Peserta dengan nomor 01-05 dipanggil dan saya di nomor 54. sambil menunggu agak deg2an juga sebenarnya, dan ahirnya bagian saya dipanggil maju, a a. bsensi 
  1.  cek ktp dan kartu pendaftaran.
  2.  Titip barang
  3.  Cek body oleh petugas
  4.  cek Logam
  5.  cek ktp dan dites apakah calo apakah bener2 asli kitas
  6.  minta pin registrasi
  7.  masuk ke ruang pembekalan
  8.  masuk ke tempat tes
  9.  diberikan pin sesi
  10.  Proses login sistem
  11.  dan Tes CAT bkn


14. Proses CAT Bkn CPNS 2018

Sambil deg2an, tegang juga iya langsung mengerjakan sambil doa, sambil berfikir, sambil berusaha waktu terus berkurang soal masih banyak yang belum selesai.

Walah soal TKP bacaannya sak ambrek 1 soal rata-rata 5-6 paragraf tapi puanjang satu layar monitor lah panjangnya. dan jawabanya juga panjanggggggg. selesai TKP pergi ke TWK dan ke TIU. nah pas di soal ini banyak yang hitung-hitungan. Yang tak pelajari muncul semua, tetapi waktu tinggal 15 menit soal tiu masih 20an soal belum terjawab. terus saya kerjakan waktu kurang 10 menit peserta mulai keluar dan mental disini diuji. Sampek kayak mow kencing ini, jadi hasilnya saya ngeblank tidak bisa mengerjakan sama sekali soal itu, padalah sebenarnya saya bisa. 

Soalnya hampir mirip sama yang tak buat latihan. Belum lagi keganggu sama petugas yang mempersiapkan peserta sesi ke 2 pakai spiker kan, suara masuk keruangan, petugas di dalamnya juga gimana gitu. ayo klik finsih, ayo klik finish. jadi mental kita diuji disini. ahirnya waktu kurang 3 menit soal kurang 10. kerjakan 1 soal selesai wakut kurang 30 detik. dan 9 soal tak jawab tanpa baca soalnya dan tanpa baca jawabanya. pokoknya asal di jawab aja. dan klik Finish apa hasilnya?????????

deg

deg

deg

deg

deg

deg

deg

Nilainya dibawah batas passing grade dan hanya kurang 2 point saja OMG. Yah.mungkin belum rejeki, dan belum saatnya menjadi ASN. 

pasing grade standar adalah
TWK : 75, TIU : 80, TKP : 143

saya
TWK : 105, TIU : 90, TKP : 141

TKP saya tidak lolos.

15. Selesai tes CAT CPNS 2018

Setelah itu saya keluar ruangan sambil lihat informasi nilai-nilai peserta yang ditempel didinding. dan pulang menuju kos Madiun lagi. Packing barang, persiapan balik kejogja. 

16. Pulang ke Jogja dari Madiun

Tawangmangu 2019
Istirahat di Jalan dari Tawangmangu ke magetan / Sarangan
Waktu sudah jam 14:10 saya pamit ke yang punya kos dan jalan pulang lagi dengan rute yang sama pas berangkat.
sisa uang didompet Rp. 215.000 kepotong buat makan Rp. 20.000 sisa Rp. 185.000. beli BBM Rp. 50.000 lagi, sampai di cemoro sewu beli bakso dan jajan habis Rp. 25.000 jadi sisa uang tinggal Rp. 110.000
sampai di jogja jam 08:00 karena beberapa kali berhenti dijalan untuk istirahat. Lalu makan malam di Jl. solo habis Rp. 20.000 sisa uang tinggal Rp. 90.000 lah kok malah kayak akuntasi aja hitung-hitungan hehe..

Beli pentol di Cemoro Sewu, suasana dingin jadi tambah mantap

Di warung daerah cemoro sewu untuk istirahat

17. Jadi ASN sementara Failed

Sampe dikos jogja pun pekerjaan masih menumpuk, dengan ditemani rasa kantuk, capek, pegel, muntah-mutah juga. tetep pekerjaan saya selesaikan. dan cerita ini selesai.

Terima kasih untuk kalain yang mau membaca cerita semrawut/berantakan ini. ini hanya untuk saya saja dan untuk saya kenang dimasa tua nanti dan untuk cerita ke anak-anak kelak. supaya tahu pengalaman apa saja yang pernah ayahnya alami. heheh

Matur nuwun
  
Share:

2 comments:

  1. Semangat yaa Pak, saya jg sama tidak lolos tkp, tp semoga dibalik semua pengorbanan kita oni ada hikmahnya, aamiin

    ReplyDelete

Tonton video



Yuk, SUBSCRIBE

omfiki.blogspot.com