Alasan saya membeli motor ini karena rumah saya berada di pegunungan dengan jalanan yang mayoritas menanjak dan menurun. Saya pikir dengan memiliki motor Laki di daerah saya cukup pas untuk mempermudah perjalanan saya di daerah yang mayoritas adalah pegunungan namun jalanan tetap beraspal ya. Sebelumnya memang sudah mencari riview motor mulai dari Youtube / blog, website dan testimoni langsung dari berbagai pengguna motor laki.
Dulu ada 2 pilihan yaitu
1. Honda New Cb 150 ini
2. Yamaha Vixion
Ahirnya saya putuskan untuk ambil New Cb 150 ini, karena saudara juga sudah punya vixion terbaru, sehingga saya juga pernah mencobanya.
Kalau dari review yang saya baca tadi, kebanyakan yang komen adalah FBY & FBH yang isinya cuman saling menjelek-jelekan produk.
Motovlog pakai motor New CB 150 R
Pengalaman menggunakan motor New CB 150 R terbaru
Motor ini saya gunakan terutaman untuk perjalan jauh misal dari pacitan ke jogja dan sebaliknya, terkadang juga dari jogja ke tawangmangu lanjut ke magetan ponorogo dan ke pacitan lagi, dan sudah saya gunakan kurang lebih 3 tahun. Berikut ini pengalaman menggunakan motor new cb 150
1. New CB 150 R Untuk Tanjakan
Untuk tanjakan, motor New CB 150 ini cukup memuaskan, saya mencoba mulai dengan tanjakan sedang hingga tanjakan yang sangat tinggi motor ini jarang sekali menggunakan gigi 1. Terkecuali waktu-waktu tertentu misal jalan susah atau pas tanjakan di depan saya ada truk.
2. New CB 150 R Untuk Turunan
Saya mencoba mengendarai motor ini dari kecamatan Bandar Pacitan yang berada di pegunungan menuju ke Kota pacitan melalui jalan Grenjeng, jalan yang sudah terkenal akan tanjakan dan turunan tajam ini. Masih sangat aman ketika berkendara sendiri dengan tehnik pengereman yang bergantian dan bersamaan.
Akan tetapi pernah saya menggunakan motor ini rem belakang blong / zong / Los. Tidak bisa digunakan sama sekali karena overhead di master remnya kalau kata orang. Untungnya rem depan masih bisa digunakan. Kenapa bisa begitu, saya berkendara 2 orang dengan membawa sedikit barang di jalan turunan panjang dan cukup curam, saya berada di belakang truk pengangkut pasir. Karena jalan sempit tidak bisa menyalip saya berkendara dengan pelan di belakangnya, saya juga menggunakan gigi rendah. akan tetapi saya tidak sadar kalau dari mulai turunan, terus saya gunakan rem belakang dan depan. alhasil setengah perjalanan rem blong.
3. New CB 150 R Untuk Jalan lurus
Saya mencoba menguji motor ini kira-kira dengan bobot saya 93kg, dapat top speed berapa?
Jalan Donorojo yang mengarah ke jogja cukup lebar dan sepi saya gunakan untuk tes speed, mendapatkan top speed 120. karena belum puas sesampai di jalan semanu saya mencoba kembali dan mentok di kecepatan 125 gigi 6, itupun dengan trek yang panjang.
Jujur saja, selama ini setelah service gratis dari honda habis, hingga saat ini belum lagi melakukan service motor ini. hanya saja oli rutin di ganti 2-3 bulan sekali, tergantung pemakaian juga. Alhamdullilah motor masih normal.
3. Sil shock bocor, Kalau yang ini saya rasa wajar, karena jalan yang saya lalui cukup susah, sering saya gunakan di jalan yang belum aspal dan belum ada semen, terkadang kena lobang dijalan pas kencang pula. hingga saat ini sill shock depan sebelah kiri saja yang bocor, dan diganti kurang lebih Rp. 100 ribuan
4. Susah hidup / nyala saat ditinggal selama 1 mingguan, awalnya saya juga panik kenapa dengan motor ini apakah pompa injeksi rusak atau bagaimana saya juga tidak tau. Kendala saat di slah / di engkol, tidak nyantol alias loss seperti mengengkol tapi tuas kopling ditarik jadinya los. Karena sering mengalami jadi yang saya lakukan yaitu
- double stater 3 detik
- matikan kunci dan nyalakan kembali
- coba engkol sampai capek, kalo masih loss saya coba ulang double stater lagi
- kalau dirasa sudah mau nyala, saya offkan kunci dan mengengkol kembali
- kalau sudah nyala jangan di gas tunggu sampai 2 menittan
- matikan lagi, coba nyalakan kembali. Kadang bisa nyala kadang malah mati lagi dan ulangi seperti di atas sampai benar-benar menyala. hehe
yang penting jangan paksakan double starter nya eman-eman sama akinya nanti tekor bro.
5. Bunyi klotok-klotok kayak kalkun katanya orang-orang
sekali saja saya mengalami klotok-klotok ini pas waktu di panasin, kalo sudah panas suara klotok hilang lebih tepatnya klutuk-klutuk-klutuk ya bukan klotok sesuai suara. Sekarang tidak lagi.
6. Rantai bunyi kasar, ya motor honda di girnya ada semacam pengaman besi jadi rantai terkadang menyentuh pengaman dan bunyi kasar pol. Kok motor new CB 150, Lha wong motor revo milik saya yang dulu aja bunyinya kasar juga apalagi tiger.
1. Stang motor diganti dengan Honda Tiger Revo
Biaya pasang dan beli stang kurang lebih Rp. 70.000.di bengkel biasa
Biaya kabel kopling Honda Verza + Pasang Rp. 50.000 di bengkel Ahass
2. Sill shoc, sudah saya jelaskan di atas tadi ya
3. Ban depan dan ban belakang
4. Stationer / Tensioner
Dulu ada isu / berita bahwa New CB 150 R Generasi ke tiga ada perbaikan di bagaian ini, karena motor saya masih garansi dan dulu banyak sekali yang mengalami masalah ini yaitu klotok-klotok saya bergegas ke Ahass pusat di jogja atau Big Wing Ahass. Setelah di cek diganti dengan yang baru dan sekalian stell ke setelan tinggi, Biaya masih gratis, sudah 2 tahun masih sangat aman dan tidak ada bunyi klotok-klotok. Kalau beli yang ini harganya Rp. 300.000 san. Larang Bro...
atau bisa ganti dengan yang racing, atau punya vario 150 atau karisma.
Sudah itu saja yang saya ganti.
Apakah saya puas dengan motor ini.
Ya Saya puas, kalau dinilai 1-100 yaitu : 90.
1. New CB 150 R Untuk Tanjakan
Untuk tanjakan, motor New CB 150 ini cukup memuaskan, saya mencoba mulai dengan tanjakan sedang hingga tanjakan yang sangat tinggi motor ini jarang sekali menggunakan gigi 1. Terkecuali waktu-waktu tertentu misal jalan susah atau pas tanjakan di depan saya ada truk.
2. New CB 150 R Untuk Turunan
Saya mencoba mengendarai motor ini dari kecamatan Bandar Pacitan yang berada di pegunungan menuju ke Kota pacitan melalui jalan Grenjeng, jalan yang sudah terkenal akan tanjakan dan turunan tajam ini. Masih sangat aman ketika berkendara sendiri dengan tehnik pengereman yang bergantian dan bersamaan.
Akan tetapi pernah saya menggunakan motor ini rem belakang blong / zong / Los. Tidak bisa digunakan sama sekali karena overhead di master remnya kalau kata orang. Untungnya rem depan masih bisa digunakan. Kenapa bisa begitu, saya berkendara 2 orang dengan membawa sedikit barang di jalan turunan panjang dan cukup curam, saya berada di belakang truk pengangkut pasir. Karena jalan sempit tidak bisa menyalip saya berkendara dengan pelan di belakangnya, saya juga menggunakan gigi rendah. akan tetapi saya tidak sadar kalau dari mulai turunan, terus saya gunakan rem belakang dan depan. alhasil setengah perjalanan rem blong.
3. New CB 150 R Untuk Jalan lurus
Saya mencoba menguji motor ini kira-kira dengan bobot saya 93kg, dapat top speed berapa?
Jalan Donorojo yang mengarah ke jogja cukup lebar dan sepi saya gunakan untuk tes speed, mendapatkan top speed 120. karena belum puas sesampai di jalan semanu saya mencoba kembali dan mentok di kecepatan 125 gigi 6, itupun dengan trek yang panjang.
Service motor New CB 150 R
Jujur saja, selama ini setelah service gratis dari honda habis, hingga saat ini belum lagi melakukan service motor ini. hanya saja oli rutin di ganti 2-3 bulan sekali, tergantung pemakaian juga. Alhamdullilah motor masih normal.Biaya Ganti Oli CB 150 R
Untuk oli saya masih menggunakan standarnya yaitu SPX yang botolnya warna putih. kalau di jogja harga Rp. 60.000
Apa saja kendala / kerusakan / masalah di motor new CB 150 R ini ?
Oke, beberapa masalah di motor ini selama 3 tahun lebih saya gunakan yaitu
1. Bell sering mati di saat hujan atau turunan. Bahkan ketika tanjakan panjang bel mati sendiri ini saya alami setelah 1 minggu saya gunakan - saat ini. Kalau kata di bengkel itu masalah di socket bell-nya
2. Overhead. ya motor ini kalau digunakan jarak jauh walau tidak berhenti atau istirahat masih tetap oke, tetapi ketika saya gunakan di kota pas macet pula dan cuaca sangat terik, pas waktu itu di kota jogja, tiba-tiba motor di gas tidak bisa seperti bensin mau habis, dan lampu indikator temperatur di speedo menyala merah. Saat gas di lepas dan di gas lagi kecil masih bisa jalan, tetapi kalau di gas agak besar lagi langsung hilang kompresi. Sudah saya lakukan claim ke Ahass beberapa kali tidak ditemukan kendala.3. Sil shock bocor, Kalau yang ini saya rasa wajar, karena jalan yang saya lalui cukup susah, sering saya gunakan di jalan yang belum aspal dan belum ada semen, terkadang kena lobang dijalan pas kencang pula. hingga saat ini sill shock depan sebelah kiri saja yang bocor, dan diganti kurang lebih Rp. 100 ribuan
4. Susah hidup / nyala saat ditinggal selama 1 mingguan, awalnya saya juga panik kenapa dengan motor ini apakah pompa injeksi rusak atau bagaimana saya juga tidak tau. Kendala saat di slah / di engkol, tidak nyantol alias loss seperti mengengkol tapi tuas kopling ditarik jadinya los. Karena sering mengalami jadi yang saya lakukan yaitu
- double stater 3 detik
- matikan kunci dan nyalakan kembali
- coba engkol sampai capek, kalo masih loss saya coba ulang double stater lagi
- kalau dirasa sudah mau nyala, saya offkan kunci dan mengengkol kembali
- kalau sudah nyala jangan di gas tunggu sampai 2 menittan
- matikan lagi, coba nyalakan kembali. Kadang bisa nyala kadang malah mati lagi dan ulangi seperti di atas sampai benar-benar menyala. hehe
yang penting jangan paksakan double starter nya eman-eman sama akinya nanti tekor bro.
5. Bunyi klotok-klotok kayak kalkun katanya orang-orang
sekali saja saya mengalami klotok-klotok ini pas waktu di panasin, kalo sudah panas suara klotok hilang lebih tepatnya klutuk-klutuk-klutuk ya bukan klotok sesuai suara. Sekarang tidak lagi.
6. Rantai bunyi kasar, ya motor honda di girnya ada semacam pengaman besi jadi rantai terkadang menyentuh pengaman dan bunyi kasar pol. Kok motor new CB 150, Lha wong motor revo milik saya yang dulu aja bunyinya kasar juga apalagi tiger.
Motor new CB 150 R selama 3 tahun lebih, apa saja yang diganti atau di service ?
hingga saat ini saya baru mengganti beberapa komponen saja, baik memang harus diganti maupun keinginan saya sendiri untuk pengen menganti, yaitu :1. Stang motor diganti dengan Honda Tiger Revo
Biaya pasang dan beli stang kurang lebih Rp. 70.000.di bengkel biasa
Biaya kabel kopling Honda Verza + Pasang Rp. 50.000 di bengkel Ahass
2. Sill shoc, sudah saya jelaskan di atas tadi ya
3. Ban depan dan ban belakang
4. Stationer / Tensioner
Dulu ada isu / berita bahwa New CB 150 R Generasi ke tiga ada perbaikan di bagaian ini, karena motor saya masih garansi dan dulu banyak sekali yang mengalami masalah ini yaitu klotok-klotok saya bergegas ke Ahass pusat di jogja atau Big Wing Ahass. Setelah di cek diganti dengan yang baru dan sekalian stell ke setelan tinggi, Biaya masih gratis, sudah 2 tahun masih sangat aman dan tidak ada bunyi klotok-klotok. Kalau beli yang ini harganya Rp. 300.000 san. Larang Bro...
atau bisa ganti dengan yang racing, atau punya vario 150 atau karisma.
Sudah itu saja yang saya ganti.
Apakah saya puas dengan motor ini.
Ya Saya puas, kalau dinilai 1-100 yaitu : 90.
0 comments:
Post a Comment