Sugeng rawuh

Cara perpanjang masa berlaku SIM C di Pacitan Jawa Timur- SATPAS PACITAN

Tempat untuk perpanjang masa berlaku SIM di Pacitan

Jadi pacitan sekarang sudah memiliki gedung baru yang khusus digunakan untuk perpanjangan sim dan pembuatan sim baru. Baik sim C maupun jenis SIM lainya. Khususnya di Kabupaten Pacitan proses perpanjangan SIM C dulu dilakukan di Belakang Polres Pacitan dan sekarang sudah di Pindah di Gedung SATPAS di samping alun-alun Kabupaten Pacitan.

Cara perpanjang SIM C

A. DOKUMEN

Nah, untuk proses dan tata cara perpanjangan masa berlaku SIM C di pacitan yaitu persiapkan dulu dokumen penunjanganya 

1. Foto copy SIM
2. Foto copy KTP

Masing-masing 2 lembar untuk cadangan saja. Atau datang langsung di fotokopian di belakang TMP (Taman Makan Pahlawan) yang di dekat tikungan itu hanya ada satu tempat foto copian. Jangan lupa sekalian beli MAP biru di tempat foto copiannya.

3. Map biru

B. TES KESEHATAN
lokasi tes kesehatan sim c pacitan
Lokasi Tes Kesehatan Pembuatan SIM C Pacitan
Setelah lengkap langsung saja datang ke tempat cek kesehatan untuk sarat perpanjangan dan pembuatan sim lokasinya di samping masjid Agung Pacitan. Langsung masuk saja ke ruangan tumpuk foto copian sim & ktp tadi di dalam map biru. kasihkan ke mbaknya. Nanti kalian akan dipanggil nama sesuai nama ktp/sim. jadi jangan sampai kalian jauh-jauh dari ruangan takutnya gak kedengeran saat dipanggil.

Kondisi ruangan dan antrian tes kesehatan pacitan
Kondisi ruangan dan antrian tes kesehatan pacitan

Cara perpanjang masa berlaku SIM C di Pacitan - SATPAS Pacitan
Berikan berkas kalian langsung ketika masuk ruangan ke mbaknya "tanda panah"

C. SATPAS PACITAN
Setelah selesai dari proses tes kesehatan ini, bergegaslah ke gedung satpas pacitan yang lokasinya tidak terlalu jauh dari lokasi tes kesehatan ini. Di samping alun-alun pacitan gedung berwarna biru. Parkirkan kendaraan kalian di tempat parkir yang sudah di sediakan lalu masuk SATPAS lewat pintu utama. Selanjutnya setelah kalian masuk di SATPAS PACITAN akan langsung bertemu dengan mbak-mbaknya yang ada di foto. Kasihkan semua berkasa kalian yang dari tes kesehatan tadi baik foto copy SIM dan KTP-nya. Serahkan sajalah pokoknya ke mbaknya. Mbaknya akan membantu kalian jika kalian bingung.

Cara perpanjang masa berlaku SIM C di Pacitan - SATPAS Pacitan
Petugas penerima berkas awal perpanjang sim pacitan - SATPAS PACITAN
Setelah itu, nanti akan diarahkan sama mbaknya itu, untuk mengisi formulir registrasi yang diberikan si mbaknya itu. Isi secara benar jangan sampai salah ya, cari tempat duduk yang nyaman di dalam SATPAS. 
Salah satu ruangan depan SATPAS Pacitan
Salah satu ruangan depan SATPAS Pacitan

Setelah kalian selesai mengisi data formulir registrasi secara lengkap dan benar berikan kembali ke mbaknya lagi. Dan akan di cek lalu berkas di serahkan ke kalian lagi untuk di berikan ke bapak / ibu polisi di pojok kanan. Seperti foto dibawah ini. Berikan berkas ke bapaknya itu yang pojok hehe.

Petugas satpas pacitan
Nanti kalian akan dipanggil sesuai nama kalian oleh bapak polisinya itu, sembari menunggu siapakan uang administrasi untuk biaya perpanjang SIM C nya ya. Yaitu Rp. 105.000
Setelah kalian di panggil, lalu kalian akan diarahkan untuk membayar biaya tersebut di mbaknya yang kerudung merah itu ya. disamping pak polisinya. 

Ini bukti kuitansi pembayaran - jangan sampe hilang dulu

Cara perpanjang masa berlaku SIM C di Pacitan - SATPAS Pacitan
Salah satu ruang tunggu SATPAS PACITAN
Lanjut.

Setelah membayar kalian akan mendapatkan nomor antrian berupa kode barcode. Tapi kalau aku dulu cuma dikasih nomor antrian biasa tapi sekarang sudah menggunakn kode barcode. Kode tersebut ada di kertas yang dikasihkan oleh bapak polisi yang yang tadi. Gunanya selain untuk membuka pintu ke ruang selanjutnya juga ada nomor di kertas tersebut. jadi jangan sampai hilang ya. Kalo hilang gak bisa masuk ruangan lainya. hehe

Nomor antrian

Kode barcodenya, kalau sekarang yang baru kayaknya beda.
Kode barcode itu yang mana, itu lo yang garis-garis hitam tebal, bagi yang belum tau aja ya, itu nama barcode ada banyak jenisnya. 

SARAN : Kalo bisa NIK no. KTP itu jangan di print di nota pak, takutnya kalu kertas ini jatuh dan disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab bisa ngeri pak. hehe

Lanjut
Setelah itu masuk ke ruangan registrasi kedua, dengan membuka pintu dengan code barcode yang ada di kertas tadi. Caranya tempelkan saja yang garis-garis itu ke mesin scanner yang ada di pintu masuknya seperti gambar di bawah ini ya. yang ada tanda panah.

Tempelkan barcode ke scanner untuk membuka pintu ini
Tempelkan barcode ke scanner untuk membuka pintu ini
Nah, kebuka kan pintunya, canggih. hehe
Lalu menuju ke ruangan yang ada bapaknya yang duduk di bawah monitor tv itu. Dan nanti disitu ada bapak polisi yang siap membantu kita. Kita kan dipanggil secara urut, tapi kalau gak antri langsung ke meja bapaknya aja lur. hehe. Kayak di foto bawah ini lho !

Ini bapaknya yang ada diruangannya. Bapaknya baik hati lur lucu dan sabar. hehe
Setelah ini langsung ke ruangan untuk foto SIM. tempatnya di samping depan ruangan ini. nanti diarahkan oleh bapak polisinya ini. 

diruangan foto kalian antri nanti akan dipanggil sesuai nomor antrian kalian tadi, dan akan dilakukan pengambilan data seperti Foto, scan 10 jari tangan.

Selesai itu langsung pengambilan SIM baru, lokasinya di belakang sendiri, dekat tempat tes praktik pembuatan sim C. Tanya saja kalau tidak tau ya, jangan malu. Tapi sebelumnya lihat papan informasi di Tembok itu kan ada tulisannya. tempat ambil sim , tempat ambil sim -> tempat ambil sim. hehehe

di tempat pengambilan tunjukkan kuitansi dan code barcode tadi ke mbaknya. Dan Alhamdulliah Jadi deh sim barunya.


Untuk lihat video saya melakukan perpanjangan sim di SATPAS PACITAN, silahkan simak berikut dibawah ini..


di SUBSCRIBE yo dulur pacitan karo like videone. hehe

SEMOGA MEMBANTU & TERIMA KASIH SATPAS PACITAN
Share:

6 comments:

  1. Assalamualaikum Warohmah.
    Sebelumnya mohon maaf, dan mohon infonya apabila berkenan.
    Sim A saya tgl lahirnya tidak sesuai dengan KTP, apakah pengurusan dan persyaratanya sama seperti pembuatan baru, dan apa masih bisa diperpanjang?
    Terimaksih, Wassalam🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti setelah perpanjangan SIM, bilang ke petugasnya pak, kalau sudah pindah alamat. saya juga seperti itu. nanti di bantu sama petugasnya.

      Delete
  2. selamat pagi. kalau sabtu bisa urus perpanjangan sim gak ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum paham juga ya. Mending hari senin - kamis gan ngurusnya biar enak. Cepat kok prosesnya. Satpas pacitan sudah canggih sekarang. :)

      Delete
  3. Klau perpanjang sim c sblm hbs msa brlaku misal kurang 3 blan bsa tdak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau ganti SIM lama ke Smart SIM sepertinya belum bisa, kalau masa berlakunya masih lama.

      Delete

Tonton video



Yuk, SUBSCRIBE

omfiki.blogspot.com