Sugeng rawuh

Pantai Banyu Tibo Pacitan Jawa Timur

Pantai Banyu Tibo Widoro Donorojo Pacitan Jatim
Air terjun Pantai Banyu tibo

Pantai Banyu Tibo Widoro Donorojo Pacitan Jatim

Kota pacitan adalah surga untuk 65 garis pantai yang mengelilingi nya tidak terkecuali pantai watu bale dan pasti nya pantai banyu tibo sesuai dengan namanya yang bermula dari bahasa jawa timur dengan arti ‘air jatuh’ ini, pantai banyu tibo adalah pantai yang tersedia air terjun murni dari mata air yang biru dan bening.

lokasi wisata bahari nan eksotik pantai banyu tibo ini membuktikan maka kota pacitan ini menjadi salah satu kecamatan di provinsi jawa timur ini tak sekedar populer menjadi spot macet ketika terjadi liburan panjang atau mudik lebaran saja, akan tetapi juga populer dengan beragam nuansa alam yang pastinya mengagumkan jutaan wisatawan yang berkunjung melihatnya.

pantai banyu tibo yang adalah lokasi pelarian warga pacitan dari kejenuhan ini adalah rumah untuk batu karang yang indah, air terjun nan eksotis, ombak biru laut yang mempesona, perbukitan dan kerindangan pepohonan dan tetangga untuk goa gong yang letaknya tak jauh dari tempat wisata bahari pantai banyu tibo.

sedangkan layanan umum yang ditawarkan ialah mushola, kamar mandi dan ruang ganti, gazebo-gazebo, arena tempat parkir yang luas sampai deretan penjual cinderamata dengan berbagai macam pernak-pernik karang dan penjual makanan ringan sampai rumah makan beserta sajian masakan laut tersendiri yang diolah dengan bumbu masakan lokal yang menggoyang lidah ditemani dengan kelapa muda nan nimat dan segar.

Harga tiket masuk di pantai banyu tibo
Pantai banyu tibo pacitan

Untuk bisa memasuki wilayah ini tak lah merogoh kocek dalam, lengkap dengan sekedar rp 2.000 di hari biasa dan rp 3.000 di hari libur atau hari pekan per anak-anak sementara orang dewasa dikenai rp 3.000 di hari biasa dan rp 5.000 di hari libur dimana tersebut adalah biaya yang fantastis untuk bisa merasakan karunia tuhan yang dilimpahkan ke kota pacitan ini dalam jam operasional yang lengkap lama.

Untuk harga parkir sendiri sekedar dikenakan rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan rp 5.000 untuk kendaraan roda empat dengan wilayah parkir yang luas dan nyaman.

Asal usul nama pantai banyu tibo

Asal usul nama pantai banyu tibo
Pantai banyu tibo Widoro Donorojo Pacitan

Nama banyu tibo bermula dari bahasa jawa yang artinya ialah air (banyu) yang jatuh (tibo). usut memiliki usut sumber air terjun yang sebagai ciri tersendiri pantai ini bermula dari mata air bawah tanah pegunungan karst di utara. perbedaan pantai banyu tibo bertambah bertambah dengan kombinasi antara air laut dengan air tawar yang asalnya dari air terjun.
air terjun ini disebut-sebut bermula dari terbentuknya anak sungai yang berada pas di atas pantai. alhasil air yang bermuara itu akhirnya tumpah dan membentuk air terjun yang tingginya mencapai 2 meter.  konon sumber mata air itu tidak akan surut ataupun mengering di musim kemarau sekalipun sehingga kapanpun kalian berkunjung datang kalian akan konsisten dapat merasakan perbedaan dari pantai banyu tibo ini.

Banyu tibo pacitan

Pantai banyu tibo

Pantai ialah tempat wisata pilihan dikalangan wisatawan, termasuk di indonesia. negara kita yang berbentuk kepulauan ini punya jumlah pantai yang tidak sedikit dan beberapa diantaranya sebagai daya tarik wisata utama untuk wisatawan lokal ataupun asing.
nah, bicara masalah pantai yang mengagumkan dan unik, kalian bisa menemukannya di daerah pacitan, jawa timur. pantai selatan indonesia yang berbatasan langsung dengan samudera hindia sungguh punya magnet tersendiri.
begitu juga dengan pantai banyu tibo dengan karakteristiknya yang berbeda. mungkin kalian pernah mendengar sekilas mengenai pantai ini, sebab kini eksistensinya bertambah meningkat.

Rute ke pantai banyu tibo

Banyu tibo pacitan

Rute yang dipilih supaya sampai ke pantai banyu tibo bervariasi. tergantung dari mana memulainya. bila kalian ialah warga pacitan, pasti tidak akan sulit menemukan arah tercepat melewati jalur-jalur yang telah dikuasai. bahkan dapat saja menemukan jalan alternatifnya.

tapi bila kalian bermula dari luar kota, pemilihan arah yang pas sebagai faktor yang lengkap penting. maupuan kini dapat mengandalkan aplikasi bagai gps, namun terkadang teknologi menawarkan arah yang kurang efektif. belum sedang bila kalian mengarah daerah terpencil, jaringan internet juga akan susah ditangkap.

misalnya saja kalian memulai dari solo yang jaraknya mencapai 100 km dari pantai banyu tibo. ada dua jalur yang dapat dilewati, ialah wonogiri dan pracimantoro.

anda bisa memilih salah satu yang sangat disukai, sebab jalan itu sama-sama mulusnya. namun yang sangat disarankan ialah melewati wonogiri kemudian dilanjutkan ke jalur goa gong.

kalau dari jalan utama solo – pacitan, kalian akan menemukan persimpangan tiga di dekat masjid besar punung. setelah pertigaan tersebut, belok ke kiri. lalu akan bertemu pertigaan kembali dan berbeloklah ke kanan.

selanjutnya kalian sekedar perlu meneruskan perjalanan dan ikuti sampai jalur goa gong. begitu sampai di daerah goa gong, ambillah jalan mengarah kalak. apabila telah menemukan perempatan balai desa kalak, belok kiri sampai melewati pasar kalak.

teruskan perjalanan sampai bertemu pertigaan, berbelok ke kanan mengarah desa widoro. sampai sini ikuti jalan sampai menemukan papan petunjuk mengarah pantai banyu tibo. kalian akan diarahkan pada jalan yang telah dijadikan sebagai dua jalur. ambillah jalur kanan yang mengantarkan kalian sampai pantai banyu tibo.                             

Matur nuwun

Oh iyo lur, aku due akun youtube, neng ngisor iki salah satu videonya. Monggo disubscribe ya lur, siapa tau bisa menambah saudara dan rezeki. Amin


Share:

0 comments:

Post a Comment

Tonton video



Yuk, SUBSCRIBE

omfiki.blogspot.com