Sugeng rawuh

Kualitas Video Gopro hero 4 silver1080 60 fps upload Youtube

Kualitas Video Gopro hero 4 silver1080 60 fps upload Youtube
Gopro hero 4 Silver Edition

Setting gopro hero 4 silver / black untuk youtube yang bagus

Beberapa tahun yang lalu, tepatnya di tahun 2016 saya tertarik melihat iklan kamera action yang kalau di lihat dari iklan videonya menghasilkan gambar yang sempurna.
Sebelumnya memang belum setenar sekarang ini kualitas Action kamera yang beredar di pasaran, walaupun ada merk-merk yang juga mulai bermunculan pada tahun tersebut.

Karena tertarik dengan fitur yang di tawarkan oleh Gopro Hero 4 ahirnya saya membeli Kamera Action ini. Namun ternyata ada 2 jenis kamera dengan fitur dan kelebihan yang berbeda-beda.

Jadi bingung juga memilih kamera jenis ini, karena jika dilihat dari fisik, sangat mirip hanya saja yang membedakan Gopro hero 4 silver ada layar Touch Screen sedangkan yang Gopro hero 4 Black belum ada.

Namun dari sisi perekaman kualitas Gopro Hero 4 Black lebih unggul, dan harganya juga lebih mahal dari yang silver. hmmm

Lihat video di sini

Berikut ini saya ulas kembali spesifikasi Gopro hero 4 riview tahun 2019

1. GoPro Hero 4 Black

Kemampuan merekam video resolusi 4K 30fps, atau lebih tinggi dibanding model sebelumnya yang mencapai 15fps. Resolusi video lain dengan 2.7K 50fps, 1440p 80fps, Full HD dan 960p 120fps,  HD video 120 fps. 

Untuk pengambilan foto tetap dapat mengambil gambar dengan 12Mpix pada kecepatan 30fps.
Suara camera GoPro Hero 4 juga diperbaiki kemampuannya, dan fitur yang baru dengan 2x dynamic range. Bagian lensa dapat diatur untuk Ultra WIde, Medium dan Narrow. 

Menandingi produk HTC, GoPro Hero 4 dapat dibawah menyelam sampai kedalaman 40 meter (dengan case). Perangkat lain yang disediakan dari WIFI, Bluetooth, exposure setting untuk mengambilan gambar malam hari, dan QuikCapture dengan instan ketika camera aktif dan merekam dengan stu tombol.

2. GoPro Hero 4 Silver

Gopro Hero 4 Silver tidak menawarkan recording 4K secara penuh, tapi memiliki layar sentuh / touch screen display. 
Untuk recording video dari resolusi 4K 15fps, 2.7K 30fps, 1440p 48fps, Full HD 60fps, 960p 100fps, HD video 120 fps. 
Atau capture video untuk Full HD p60 dan HD p120 video


Nah dari perbedaan ke dua di atas tentunya memiliki keunggulan sendiri-sendi. Tergantung kebutuhan yang akan anda gunakan dan inginkan.

Saya memilih Gopro Hero 4 Silver Edition

Karena pusing memikirkan perbedaan dari kelebihan dan kekurangannya, ahirnya saya memutuskan untuk memilih Gopro Hero 4 Silver. Layar touch Screen lebih saya pertimbangkan sebenarnya. Karena saya lebih menyukai yang praktis dan mudah di gunakan.

Nah, karena terus berkembangnya teknologi yang ahirnya sekarang hadir Gopro terbaru yaitu Gopro Hero 7 Black, yang sangat luar biasa hasil dari video dan fotonya. Namun saya tetap menggukan Gopro Hero 4 Silver selain karena budget yang tinggi untuk update, kamera gopro hero 4 saya ini jarang digunakan.

Iseng bikin motovlog Gopro hero 4 2019

Karena perkembangan youtube semakin mengerikan alias percepatan pengguna youtube itu sangat tinggi bahkan bisa menyaingi facebook. Ahirnya saya memikirkan untuk mencoba membuat video yang nantinya bisa di upload di Youtube.

Motovlog lah ahirnya saya pilih. Ya dengan menggunakan gopro hero 4 silver ini, saya rasa cukup untuk membuat video motovlog.

Namun pada suatu ketika, saya mencoba-coba ekperiman dengan kualitas perekaman gopro hero 4 silver ini. Dengan setting protune dan sebagainya yang tentunya settingnya di gopronya, saya menemui kendala saat coba merekam 1080p 60fps.

Saat di playback di PC/Laptop kualitas videonya itu sangat bagus, terang dan jernih. pokoknya puas banget dengan hasilnya. Namun saat saya uplaod ke youtube, hasilnya ternyata sebaliknya.
Bahkan ada beberapa video yang gak jelas / blur, ada artefact gak jelas, kelihatan banget saat low light dan pas ada goncangan saat perekaman.

padahal di pc aman, tapi setelah di upload di youtube hasilnya kurang memuaskan.

Software Editting Motovlog Gopro hero 4

Saya ketika export menggunakan preset youtube yang telah ada di beberapa software yang saya gunakan seperti

1. Adobe Premiere pro cc 2018
2. Filmora terbaru
3. Gopro Studio
4. AVS 

Namun hasilnya tetap kurang puas setelah di upload di youtube. hingga mencoba dengan settingan sendiri

seperti :
- 1080p 60fps
- profil hight
- level 5.1
- max render
- max dept
- cbr/vbr 1/ vbr 2/ dengan settingan yang berbeda mulai dari : min 8 max 16 hingga min 30 max 60

namun tetap sama hasilnya, saat low ligh, saat ada goncangan dan setting protune on dengan sharphen kualitas hight, EV -5, dsb.

Export 1080p 60 fps ke 4K

Hal konyol seperti ini juga saya lakukan demi mencoba hal yang baru.
Namun siapa sangka kekonyolan ini membawa saya menjadi puas dan senang ketika video yang aslinya 1080 p di export ke 4K, yang sebenarnya kualitas gambar tidak berubah dan hanya menghasilkan memori yang besar, saat di upload di youtube menghasilkan kualitas yang WOW...
Seperti real asli saat saya play di pc. Edan tenan..
di logikan saja sudah tidak masuk akan sebenarnya, namun ya begitu hasilnya.

Best export video Gopro hero 4 silver 2019

Nah untuk pembahasa ini, saya akan tulis beberapa hari lagi. dengan tips yang cukup bagus dan hasil videonya juga lumayan.

Untuk itu saya buat video motovlog untuk membahasa masalah ini.
Silahkan subscribe dan like ya. terima kasih


Share:

0 comments:

Post a Comment

Tonton video



Yuk, SUBSCRIBE

omfiki.blogspot.com