Sugeng rawuh

Upload video gopro hero ke Youtube kualitas jadi jelek - export FHD to 4K

Go pro hero 4 silver Edition

Hay, semua..
Kali ini saya sengaja membuat experiment tentang beberapa convert video yang saya hasilkan menggunakan kamera action Gopro hero 4. Alasan saya membuat experiment ini adalah saya kurang puas dengan hasil video gopro yang saya upload di youtube kualitas gambarnya itu tidak sama. Sempat membuat saya pusing dan kaget loh, kok jadi gini?

Hal itulah yang membuat saya penasaran dan sudah mencari-cari informasi baik di sosmed maupun di google dan tidak menemukan solusi yang pas untuk masalah ini. 
Saya sempat juga membuat suatu video mengenai pembahasan hasil video ini dengan motovlog karena Gopro hero 4 silver ini hasilnya kok kurang begitu bagus hasilnya setelah di upload di youtube.

Gopro hero 4 silver upload to youtube

Saya paham mengenai hasil encoding yang dilakukan youtube, dan youtube juga telah memberikan informasi yang lengkap trik dan rekomendasi setting upload videonya, dan saya sudah lakukan itu. Tapi hasilnya juga gak memuaskan.

Aturan upload video youtube dapat kalian baca di sini : 
https://support.google.com/youtube/answer/1722171?hl=id

Software editing video

Untuk software export yang saya gunakan untuk edit video Gopro hero ini salah satunya adalah Adobe Premiere Pro CC 2018, Selain itu juga ada beberapa software edit video yang saya gunakan yaitu
1. wondershare filmora
2. Gopro studio
3. Adobe Premiere pro 

Mulai experimen
Nah, untuk memulai experiment ini saya akan tampilkan dahulu hasil asli dari video gopro tanpa editing software apapun. Untuk gopronya sendiri saya setting auto tetapi untk protune saya on kan dan default setting atau tidak saya ubah-ubah.
Berikut screenshotnya. 

Video asli go pro hero 4
Semua experiment ini saya menggunakan software editing premiere pro cc 2018. Nah berikut ini adalah setting export video untuk saya upload di youtube dan Screenshot hasilnya setelah di play di youtub dengan beberap kualitas video.

Experiment 1
Setting :

ResolusiFPSVBR 1Profil
10806016 / 20hight / 5.1

Play youtube : Full hd 60fps

Experiment 2
Setting :

ResolusiFPSVBR 1Profil
10805020 / 25hight / 5.1

Play youtube : Full hd 50fps
Experiment 3
Setting :

ResolusiFPSVBR 1Profil
1080608 / 12hight / 5.1

Play youtube : Full hd 60fps


Experiment 4
Setting :

ResolusiFPSVBR 1Profil
10806030 / 40hight / 5.1

Play youtube : Full hd 60fps

Experiment 5
Setting :

ResolusiFPSVBR 1Profil
10806050 / 60hight / 5.1

Play youtube : Full hd 60fps

Experiment 6
Setting :

ResolusiFPSVBR 1Profil
10803016 / 20hight / 5.1

Play youtube : Full hd 30fps

Experiment 6
Setting :

ResolusiFPSVBR 1Profil
10803020 / 30hight / 5.1

Play youtube : Full hd 30fps

Klik gambar untuk memperjelas hasil


Bagaimana hasilnya Video Gopro Hero 4 setelah di upload di youtube

Nah, bagaimana hasilnya, jujur saja saya kurang puas dengan hasil kualitas video setelah di proses encoding oleh youtube. Video terlihat kurang berkualitas dan terkesan low quality, padahal saya shot dengan setting Full HD 1080p 60fps.

Experimen terahir

Saya sudah capek mencari settingan yang tepat untuk video yang saya mau upload di youtube, beberapa video saya di youtube juga mengalami down quality yang sangat terlihat jelas. Saya paham bahwa spesifikasi Gopro Hero 4 ini belum ada Image Stabilizer-nya, Jadi untuk video shake yang terlihat jelas sudah saya pahami.

Dan ahirnya saya ber-inisiatif untuk mencoba export video Full HD 1080p ke 4K Preset Youtube yang ada premiere pro cc. Dengan kaget dan kagumnya saya setelah hasilnya yang saya upload ke Youtube menghasilkan Kualitas yang saya cari selama ini. OMG..
Kalian pasti tau, sepertinya gak ada ilmu yang menjelaskan hasil perubahan kualitas export / render video 1080 ke 4K akan menjadi bagus, tetapi hanya akan menghasilkan size yang besar dan membuat spase memori semakin banyak dan habis.! Saya percaya itu.

Saya tetap ngeyel dengan cara saya ini dan saya mencobanya, dan lihat videonya setelah saya upload di Youtube

Experiment 7
Setting :
Ingat ya video aslinya adalah 1080p, 60fps, Protune gopro on

ResolusiFPSVBR 1Profil
4K preset youtube di Premiere6050 / 60hight / 5.1

Play youtube : 1440p 60fps

Play youtube : 1080p 60fps


Play youtube : HD 720p 60fps

Kesimpulan

Hehe, piye menurut kalian hasilnya? memang diluar dugaan video yang aslinya Full HD di export ke 4K dan di Upload ke Youtube menghasilkan qualitas yang keren dan mirip seperti video aslinya. Bahkan saat video 4K ini di play dengan 1080p juga menghasilkan kualitas gambar yang bagus, Bahkan di play ke HD 720p juga masih lumayan terlihat bagus. Hmmmm
Namun jangan tanya berapa size video dalam waktu 10 detik saja?

Kenapa video gopro hero 4 saat di upload di youtube jadi jelek?

Ini menurut saya aja ya, mungkin karena proses encoding yang dilakukan youtube dengan algoritmanya tidak semua frame video yang kita upload bisa di proses dengan detail, karena mungkin 60fps dengan pergerakan yang banyak / shake karena tidak ada image stabilizer menjadikan gambar per-framenya menjadi blur dan muncul artefact gak jelas yang cukup mengganggu. Apalagi kalau sedang low light, sangat kelihat banget.

Apakah video Gopro hero 4 yang saya upload jadi jelek semua ?

Tidak!. Video yang kelihatan jelek kebanyakan saya menggunakan settingan protune on yang digunakan untuk jalan, ingat ya untuk gerak. Kalau keadaan gopro diletakkan pakai protune on sangat rekomended. Sudah puluhan hingga ratusak kali saya melakukan experimen ini. Tapi kalau pakai Gimbal stabilizer bisa jadi Protune on saat perjalanan sangat disarankan.

Tips agar Video Gopro hero di upload youtube jadi bagus

Beberapa pengalaman saya menggunakan action came Gopro hero ini berikut tips-nya

1. Gunakan settingan 1080p superview dan 60fps atau 50fps ( saya dua2nya)
2. Kalau digunakan untuk jalan dan banyak goyang Protune off saja, biar semua auto
3. Gunakan gimbal biar gambar semakin bagus ( opsional )
4. Gunakan software Adobe premiere pro atau Filmora atau Sony Vegas pro atau bisa juga Gopro studio
5. Gunakan memori dengan kualitas yang paling bagus, Klik untuk penjelasan memori untuk gopro hero 4 yang rekomended
6. Gunakan case gopro yang kacanya masih bagus

Tambahan.
Untuk malam hari kalian bisa pakai settingan protune on di gopro hero setting sesuai kebutuhan kalian mulai dari ISO, EV, Color dll.

Apakah masih layak / worthed  membeli gopro hero 4 di tahun ini 2019 - 2020.

Pasti masih sangat layak, karena menghasilkan kualitas gambar yang bagus, baik foto maupun video.

Oke terima kasih temen-temen, simak video saya juga ya, dan SUBSCRIBE agar kita bisa saling berbagi pengalaman dan saudara.

matur nuwun
Fiki irawan, S.Kom
Share:

6 comments:

  1. Wow...mencerahkan sekali kakak. imijing

    ReplyDelete
  2. buat motovlog recommend nya low lightnya on apa off om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau siang hari pakai off aja. Low light buat minim cahaya aja.

      Delete
  3. Berarti kalo record pake 720p export nya 1080p gitu? Biar kualitasnya sama dg aslinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kualitas tetap beda. Tapi memperlebar frame videonya. Saat youtube compress frame video kita saat upload, hasilnya frame video tidak seluruhnya pecah/blur

      Delete

Tonton video



Yuk, SUBSCRIBE

omfiki.blogspot.com