Sugeng rawuh

Sedang hits di jogja - Bendungan Kamijoro Kulonprogo Yogyakarta

Bendung Kamijoro
Sunset di bendungan Kamijoro foto by @rama.angriawan

Bendung Kamijoro

Bendungan kamijoro adalah sebuah dam atau bendungan yang membelah sungai progo dengan fungsinya untuk irigasi disekitaran kabupaten bantul dan sekitarnya.    letaknya berada di perbatasan bantul dan kulonprogo. Membelah sungai progo dari timur ke barat. Secara lokasi, bendungan kamijoro berada di dua alamat. Tempat yang dari bantul, bendungan kamijoro berada di plambongan, kalisoka, triwidadi, pajangan, bantul, daerah istimewa yogyakarta. Sedangkan tempat alamat yang dari kulon porogo berada di dusun kaliwiru, kalisongo, sentolo, kulonprogo. 

Bendungan kamijoro setelah hujan secara keseluruhan, penyelesaian bendungan kamijoro selesai ditahun lalu 2018 dan diresmikan pada bulan februari 2019 ini. Akan tetapi secara penggarapan sungguh belum selesai secara penuh. Masih ada beberapa bagian yang memerlukan finishing. 

Bendung kamijoro yang berada di aliran kali progo, kabupaten bantul, yogyakarta ini dikerjakan oleh kementerian pupr melewati balai besar area sungai (bbws) serayu opak, ditjen sumber daya air. Taman bendungan kamijoro ini akan sebagai ruang terbuka publik yang dapat digunakan warga sekitar dan wisatawan lokal dari daerah bantul dan kulonprogo untuk lari-lari, mengajak buah perasaan bermain ayunan, berswafoto dan jajan makanan yang dijual oleh warga sekitar. Arah mengarah bendungan kamijoro pajangan, bantul dari pusat kota jogja   untuk mengarah bendungan  kamijoro dari kota, arahkan kendaraan kita mengarah jalan wates. 

Sebenarnya bendungan ini bukan masuk kedalam kategori wisata, melainkan sekedar sebuah layanan umum untuk mengaliri sawah untuk irigasi. Biaya tiket masuk retribusi ke bendungan kamijoro tak ada retribusi masuk, melainkan sekedar parkir kendaraan bermotor sebanyak rp 2. 000. Akses mengarah bendungan sungguh kecil dengan jalan telah di cor block. Dapat untuk akses 1 mobil, tak dapat apabila beriringan.



Share:

0 comments:

Post a Comment

Tonton video



Yuk, SUBSCRIBE

omfiki.blogspot.com